March 3, 2021

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

5 Manfaat Tepung Beras untuk Rambut Sehat Alami

2 min read

Kalau biasanya tepung beras dimanfaatkan sebagai bahan pembuat makanan, rupanya ada manfaat lain dibalik itu. Bagi yang memiliki beberapa masalah dengan kesehatan rambut, tepung beras adalah salah satu bahan alami yang bisa digunakan lho. Berikut dapat diintip apa saja manfaat tepung beras untuk rambut lebih cantik dan sehat.

Melembutkan Rambut

Komposisi bahan kimia di dalam sampo sekaligus kondisioner untuk melembutkan rambut tentu cukup tinggi dan cenderung mampu mengancam kesehatan rambut dan kulit kepala. Tepung beras bisa jadi solusi untuk rambut kasar dan rusak dengan mencampurkan tepung beras secukupnya dengan alpukat yang sudah dihaluskan. Jadikan masker rambut dan lakukan seminggu 2-3 kali untuk merawat rambut secara alami.

Membersihkan Akar Rambut dan Kulit Kepala

Selain membuat rambut lebih lembut, tepung beras juga nyatanya bisa menjadikan akar rambut dan kulit kepala senantiasa bersih dan sehat. Campurkan saja tepung beras dan tepung gram secukupnya dengan perbandingan 1:1 dan jadikan masker rambut secara rutin. Tepung gram sendiri adalah tepung yang pembuatannya berasal dari tanah chal dal dan tepung dari India ini dikenal baik untuk berbagai jenis kulit.

BACA JUGA  Semur Ceker Ayam Lezat

Mengatasi Ketombe

Untuk kulit kepala atau rambut berketombe, tepung beras yang dicampur bersama biji fenugreek juga menjadi ramuan alami yang mampu mengatasinya. Fenugreek sendiri merupakan buah dari tanaman herbal yang aroma serta rasanya mirip dengan sirup maple, namun untuk kesehatan rambut dan rambut bebas ketombe, bijinyalah yang diambil untuk kombinasi tepung beras.

Menghitamkan Rambut

Air tepung beras yang difermentasi pun diyakini bagus untuk menjaga warna hitam rambut sekaligus menjadikannya berkilau. Air fermentasi beras adalah rahasia para wanita etnis Yao yakni para wanita dengan rambut paling panjang di dunia dan rekornya pun masuk di dalam Guinness Book of World Records.

Menambah Volume dan Menguatkan Akar Rambut

Air tepung beras juga bisa digunakan mencuci rambut yang berguna sebagai penguat akar rambut. Tak hanya akarnya jauh lebih kuat, volume rambut juga jadi bertambah sehingga nampak jauh lebih cantik, tebal dan tidak lepek. Berkat kandungan amino di dalam air tepung beraslah rambut akan jadi jauh lebih indah.

BACA JUGA  Tempe Bongkrek, Apakah Aman untuk Dikonsumsi?

Menjaga rambut agar tetap cantik dan sehat memang seringkali perlu sampai merogoh kocek cukup besar ya. Namun dengan sederet manfaat tepung beras untuk rambut, bahan alami ini bisa dicoba demi menghindarkan rambut dari kerusakan.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *